The Complete Sherlock Holmes [Sir Arthur Conan Doyle, Geddes & Grosset, 2004]

Sabtu, 30 Januari 2010

Saya rasa kita semua udah kenal sama detektif satu ini. Dimunculkan pertama kali taun 1887, lewat cerita legendarisnya "A Study in Scarlet" (kalo di Indonesia judul terbitnya "Penelusuran Benang Merah"). Cerita detektif ini jadi terkenal setelah sang pengarang, Conan Doyle, mengarang kumpulan kisah pendeknya yang berjudul The Adventures of Sherlock Holmes.

Apa hubungannya dengan buku yang mau saya review? Buku ini, sodara-sodara, adalah kumpulan lengkap dari 4 buah novel dan 56 cerita pendek yang pernah ditulis Sir Arthur Conan Doyle tentang Sherlock Holmes. Meskipun banyak Sherlockian (istilah buat para pecandu Sherlock) yang mencoba buat bikin ceritanya sendiri tentang Holmes, tapi kumpulan cerita inilah yang tetap dianggap pionir dan sulit ditandingi.

Mulai dari pertemuan pertama Dr. John H. Watson, kolega dan sobat setia Holmes, dengan sang detektif konsultan itu sendiri di cerita A Study in Scarlet, sampe kematian Holmes di The Final Problem, hidup lagi di The Adventure of the Empty House, juga kasus terakhir yang ditulis Conan Doyle yang berjudul The Adventure of the Retired Colourman, semuanya lengkap ada di sini.

Kelebihan dari cerita Holmes dibanding cerita-cerita detektif lain, adalah karakter dari Holmes sendiri dan kasus-kasus yang ditanganinya yang sebetulnya cukup simpel tapi menantang. Juga mengenai bagaimana kasus-kasus yang nampaknya sederhana tapi kemudian berubah menjadi sulit, tapi terpecahkan dengan logika dan deduksi itu, sanggup Holmes pecahkan dengan elegan. Juga mungkin karena prinsip-prinsip tentang detektif yang dia pegang, itu nampak umum digunakan.

Singkat kata, buat anda yang belum pernah nyoba novel detektif, saya saranin coba detektif yang satu ini. Dijamin bikin anda langsung terpikat!


Rating : * * * * *

0 komentar: